Inilah tempat-tempat pilihan Schode Ilham, dari Gunung, Pantai, Air Terjun, Pulau, Kota, dan Desa Adat yang paling berkesan selama perjalanan

Tulisan ini lahir atas buah penasaran bertubi-tubi teman-teman yang selalu bertanya mengenai tempat-tempat terbaik gue selama menjelajah keindahan alam. Sebenarnya bukan tempat terbaik sih, lebih ke tempat terfavorit, karena semua tempat gak ada yang gak baik, semua bagus di mata gue, yaa karena gue gak bisa bikin alam kaya gini πŸ˜…, semua karya Sang Pecipta pastilah indah. Kita harus sama-sama sepakat untuk hal ini. Oke ngomong-ngomong masalah tempat terfavorit, gue selalu punya kategori dari masing-masing tempat, Dari Gunung, Pantai, Air Terjun, Pulau, Kota, sampai Desa Adat, semua tempat bagus dan indah, tapi gue akan memilih tiga tempat yang paling berkesan disetiap kategorinya. Kebanyakan tempat ini pasti kalian udah tau kok, karena kecantikannya memang sudah menjadi daya tarik untuk banyak orang, tapi untuk yang belum pernah kesana, atau baru sadar kalo Indonesia ini cantik banget, nah semoga tempat-tempat favorit gue ini bisa jadi referensi, oh iya! ini sangat relative yaaa, bagus versi gue belum tentu bagus bagi yang lain, ini karena pengalaman aja, dan gue pernah ngerasain langsung sensasinya ketika berada disana jadi ini lah tempat-tempat favorit paling berkesan buat seorang Schode Ilham yang tidak seberapa ini (orangnya) hahahaha

β€’ GUNUNG< b>1. Rinjani< a href=”http://schodeilham.com/wp-content/uploads/2017/07/img_6013.jpg”>Siapa sih yang gak mau ke Gunung yang satu ini? rasanya semua orang pasti mau! Bahkan waktu gue naik ke Gunung ini, 60% isinya Bule loh, udah kaya gunung di luar negeri aja. Itu tanda bahwa kecantikan Rinjani sudah memikit pelancong dari seluruh dunia. Terus apa sih alasan gue milih Gunung Rinjani sebagai Gunung terfavorit? Alasan pertama jelas karena keindahannya. Waktu itu gue naik Rinjani via Desa Sembalun. Dari Jalur ini, gue kagum banget sama indahnya savanna yang dihadirkan oleh Gunung Rinjani! Danau Segara Anak adalah magnet utama dari keindahan Gunung ini, semua pasti setuju. Lalu fenomena gunung diatas gunung, di tengah- tengah Gunung Rinjani ada gunung kecil aktif bernama Gunung Baru Jari, dan istimewanya, pas gue di Rinjani kemarin, gunung ini meletus tus tus, bikin panik-panik senang πŸ˜‚. Jalur Puncaknya aduhai banget, dan dari Puncak, lo bisa lihat Pulau Lombok yang dikelilingi oleh lautan, laut beneran, maupun lautan awan hehe, oh iya untuk informasi, jalur lain selain Sembalun menyajikan panorama yang berbeda, jalur Sembalun dengan savannanya, jalur Senaru dengan Segara Anaknya, dan jalur Torean dengan air terjunnya. Jadi kapan mau Main ke Rinjan? πŸ˜€

2. Gunung PrauGue suka banget sama pemandangan highclass yang ditawarkan oleh Gunung Prau, Jika sedang cerah, barisan pegunungan Jawa Tengah terlihat jelas dari Gunung Prau ini, megahnya Sindoro Sumbing, Berjajarnya Merapi, Merbabu dan Gunung Lawu, terlihat juga Gunung Ungaran dan Bukit andong sedikit di kejauhan. Gak begitu tinggi tapi pemandangannya seluarbiasa ini, haram hukumnya kalo lo gak jatuh cinta sama gunung yang satu ini πŸ˜‚

3. Taman Nasional Bromo Tengger SemeruKomplek pegunungan ini adalah yang terbaik seantero jagat raya! Danau Ranu Kumbolo, Puncak Mahameru dengan fenomena letupannya yang keluar beberapa menit sekali, dan yang terindah adalah kompleks Gunung-gunung munggil di Bromo 😍😍😍 Apa ada yang gak jatuh cinta sama tempat ini? Oon lu πŸ˜…

Gunung Favorit lainnya: Merbabu, Merapi, Ijen, Gede.

Β β€’ PANTAI

1. Pantai MawunSumpah yaaa, ini pantai paling istimewa menurut gue. Entahlah, Pantai ini nuansanya luar biasa banget, Suasananya super tenang, pasirnya putih bersih, air lautnya biru bersih banget, terus bentuknya melengkung sempurna gitu. Duh! gue gak bisa jelasinnya nih, ini kebangetan kerennya!!

2. Pink BeachCopyright http://allindonesiatourism.com/wp-content/uploads/2017/04/namo.jpg

Berlokasi di salah satu pulau di Kepulauan Komodo, Pantai dengan pasirnya yang Pink ini bikin gue betah banget duduk lama-lama disini, sambil main air yang ombaknya juga tenangπŸ’™πŸ’™πŸ’™

3. Pantai Pulau Paserang

Pulau Paserang adalah sebuah Pulau kecil di Sumbawa Barat, Pemandangan yang disajikan dari Pantai Paserang sungguh uh-mazing, gradasi dan topografi perbukitan khas sumbawa menjadi lukisan yang sangat cantik, ditambah pasir putih yang halus dan air laut yang sangat bersih bikin gue gak mau berhenti berenang disini.

Pantai Favorit lainnya: Pantai Karang Gigi Hiu (Lampung), Pantai Sundak (Wonosari), Pantai Telawas (Lombok).

β€’ AIR TERJUN

1. Tiu Kelep

Air ini tumpah langsung dari gunung paling cantik di dunia, Gunung Rinjani. Pertama kali gue sampe Lombok, gue yang paling ngotot untuk langsung datang ketempat ini, benar aja ternyata Air terjun ini indahnya luarbiasa, bahkan lebih bagus dari pada di Foto. beneran! Suer! πŸ˜‚

2. Kapas Biru

Terletak di Lumajang, air terjun yang satu ini berbeda dengan air terjun lainnya yang ada di sana, Airnya biru bersih banget! beda sama air terjun lainnya semisal Tumpak Sewu yang airnya agak kotor. Untuk sampai di air terjun ini butuh perjuangan karena jalannya yang menurun sampai kedasar lembah, tapi pas sampai di air terjun semua terbayar. indah cekaalleeehhh

3. Curug Ciburial

Pertama kali sampe di curug ini gue langsung menyimpulkan tempat ini tuh kaya Aquascape versi nyata. Aliran sungai yang terbelah membentuk dua buah air terjun yang sangat indah, ditambah susunan bebatuan dan pepohonan hijau yang membuat tempat ini jadi makin keren. Oh iya satu yang paling gue suka dari curug di Bogor kususnya diderah gunung Paseban ini adalah air sungainya yang bening gak ada tandingan!

Air terjun favorit lainnya: Tumpak Sewu (Lumajang), Curug Cikaso (Sukabumi), Benang Kelambu (Lombok), Tukad Unda (Bali)

β€’ PULAU

1. Pulau Padar

Pulau ini adalah pulau paling unik yang pernah gue liat. Bentuknya kaya Bintang laut raksasa, dan setiap cekungannya menghasilkan pantai-pantai cantik yang beberapa sisinya tidak terjamah. Kalo udah sampai di puncak pulau ini, gue jamin seratus juta milyar persen lu gak bakal mau turun hahaha oh anyway, di pulau ini masih ada komodonya loh, jadi hati-hati yaaa hehehe

2. Nusa Penida

Kelingking Secret Point, Angel’s Bilabong, Atuh Cliff, Guyangan, Banah Cliff dan berbagai keindahan lainnya rasanya sangat tidak mungkin untuk tidak menjadikan pulau ini sebagai pulau favorit gue.

3. Pulau Air

Pulau yang terbelah menjadi dua bagian oleh air laut ini adalah tempat mandi favorit gue di utara Jakarta. Dengan air yang warnanya hijau tosca bikin gue selalu pengen kesini setiap weekendπŸ˜„πŸ˜„

Pulau Favorit Lainnya: Pulau Kenawa (Sumbawa), Pulau Sepa (Kepulauan Seribu), Pulau Maitam (Lampung)

β€’ KOTA1. Malang

Kota di Jawa Timur ini selalu jadi yang terfavorit. Alasannya karena aksesnya mudah, tinggal duduk di kereta Matarmaja, dan kita akan sampai hahahaha Penduduk kota ini ramah-ramah banget! terus makanan disini juga yaampun! udah enak, keterlaluan banget murahnya. Terus, terus, di kota ini tuh banyak kampus, jadi, banyak dedek-dedek gemes hahaha bercanda. Nuansa kota ini bikin gue Nyaman banget! Udaranya segar sejuk, dan gue senang karena gue bisa melipir ke Bromo Tengger Semeru dan Kota Batu. Duh Malang! selalu ada alasan untuk kembali!

2. Yogyakarta

Sebenarnya Yogya ini provinsi yaa, tapi gak apa-apalah lebih asik kalo disebut kota. Yang istimewa dari Yogya adalah kearifan lokalnya. Tradisi nya kuat banget dan sangat amat terjaga. Penduduknya ramah-ramah kebangetan! dan Kulinernya itu loh, enyaakkk enyaaakkk hehe Ada alasan lain kenapa Jogja maksud kedalam urutan tempat paling berkesan, alasannya adalah karena kota ini penuh cinta hehehe

3. Kopang

Yang bikin kota ini istimewa adalah kenangannya. 13 hari gue ada di kota ini dan tinggal di rumah keluarga kecil yang sangat baik hati. Rumah dari Puti Sika, Putri asli Lombok yang ku kenal karena sama-sama mencintai keindahan alam. Tinggal di Kopang ini bikin aku betah karena kehangatan keluarga mereka. Mama Papa dari Puti Sika bahkan menganggap gue kaya anak sendiri. Oh tapi jangan takut, Kopang ini ada tengah-tengahnya Pulau Lombok, jadi kemanapun dekat. Ada air terjun sangat bagus dekat Kopang ini, Namanya Benang Kelambu dan Benang stokel.

Kota Favorit lainnya: Labuan Bajo (Flores), Ubud (Bali), Banyuwangi (Jawa Timur)

β€’ DESA ADAT

1. Desa Adat Kemiren

Berada di Kecamatan Glagah, Banyuwangi, Desa Adat Osing Β Kemiren ini jadi yang paling favorit buat gue. Tradisi budaya disana masih sangat terjaga, Sampai disana gue disambut oleh tari Gandrung sebagai tarian khas di Desa ini, penarinya cantik-cantik loh, dan anak asli desa Kemiren hehehe. Ada lagi yang enak! Makanannya! ada bebek dan nasi serta lauk pauk lain yang super duper enak! gue lupa itu nama makanannya apa, serius ENAK BANGET!

2. Desa Adat Sasak Sade

Desa adat yang satu ini gak akan gue lupain sih, karena disini tradisi sangat kental dan betul-betul dijaga. Dan yang paling gue senang adalah mata gue gak bisa kedip lah liat kain tenun khas produksi asli desa Sade ini 😍😍😍

3. Desa Adat Tengger Argosari

Desa diatas awan, mungkin ini sebutan yang tepat untuk desa ini, indah, asri dan sejuk, ini yang gue rasain dari Desa Adat tengger di Argosari. Kebetulan pas gue lagi disana sedang ada pawai budaya Jaran Kecak, wah dapat bonus! Jadi makin sadar kalo negeri kit ini emang benar-benar kaya!

Yeaahhhhhhh! Kurang lebih itu dia tempat-tepat favorit yang paling berkesan untuk gue, tapi masih banyak tempat lain yang pasti akan lebih bikin gue berkesan, jadi, ada kemungkinan urutannya akan berubah hehehe. Kalo kalian gimana? Apa dan dimana tempat-tempat favorit kalian? Mau taudong! hehehe

Schode Ilham Written by:

dengan membaca semua tulisan ini, kalian telah menelanjangiku bulat-bulat.

10 Comments

  1. Ferly
    July 6, 2017
    Reply

    Mantapp kali bang perjalananya

    • July 7, 2017
      Reply

      terimakasih bro, semoga perjalanan ini memberikan inspirasi untuk kamu juga memulai perjalanan πŸ™‚

  2. July 14, 2017
    Reply

    Senang sekali kotaku bisa menjadi salah satu tempat favoritmu πŸ˜€
    Setuju sekali sih dengan destinasi-destinasi yang kamu sebutkan jadi pilihan, soalnya beneran indah!

  3. gedeleo
    July 25, 2017
    Reply

    best article ever..!!!:-*

  4. Kesan2 tempat liburan nya bikin termotivasi untuk selalu bangga dengan indonesia. Dan ga tau kenapa gua merasakan terkesan gitu. Seneng banget sempet kenal di trip kembaranesia bareng bang ode,bang leo, bang baim. Jalan2nya berkesan banget dan yang paling special banget. Pengen ngetrip bareng lagi desember ke labuan bajo nya bang asli.

  5. December 8, 2017
    Reply

    Hello admin, i must say you have high quality posts here.
    Your blog can go viral. You need initial traffic only.
    How to get it? Search for; make your content go viral Wrastain’s tools

  6. December 17, 2017
    Reply

    I have checked your website and i’ve found some duplicate content, that’s why you don’t rank high in google’s search results,
    but there is a tool that can help you to create 100% unique content, search for: Boorfe’s tips unlimited content

  7. December 18, 2017
    Reply

    I every time spent my half an hour to read this website’s posts
    every day along with a mug of coffee.

  8. December 19, 2017
    Reply

    I see your blog doesn’t rank high in google,
    but your articles can get into top 10. You should find the right longtail
    keywords before you write an article. How to find super easy longtail keywords?

    Search in google for; Fasrixo’s tools

  9. December 19, 2017
    Reply

    Hi to all, how is everything, I think every one is getting more from this website, and your views
    are pleasant for new people.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *