Selamat menjelajah dalam dunia ku

Hai! Akhirnya buku catatan digital gue rilis juga, setelah sebelumnya menggunakan domain yang agak pasaran (pake gratisan haha) sekarang gue udah mulai bisa menggunakan web dengan alamat yang terlihat lebih profesional, padahal mah biasa aja hahaha.

Jadi dengan adanya web ini, harapannya  gue akan lebih semangat lagi untuk menceritakan pengalaman perjalanan yang semoga bisa memberikan sedikit referensi dan pelajaran kepada teman-teman yang hendak melakukan kegiatan traveling, dan juga sedikit banyak bisa bermanfaat dalam hal apapun. Yang baik silahkan dijadikan contoh, yang kurang baik mohon jangan ditiru, karena gue juga manusia biasa, yang kadang juga khilaf hehehe. Yaa walaupun gue sadar tulisan gue emang gak bagus bagus banget, tapi paling nggak gue mencoba memberanikan diri untuk berbagi. Yaa, hakikat sebagai seorang manusia, kan? hehehe.

Jadi pada dasarnya gue emang suka banget jalan-jalan, melakukan aktivitas traveling,  eh lebih ke backpacking sih haha, dan kegiatan ini semakin sering gue lakuin semenjak gue ke Switzerland di 2014, apalagi setelah menginjakkan kaki di salah satu puncak Alpen di Switzerland, dari situ juga lah akhirnya gue memiliki banyak followers di Instagram.

IMG_2813.JPGIMG_2255.JPG

Perjalanan 3 bulan di Switzerland memang luar biasa. Karena perjalanan di Switzerland juga lah akhirnya gue mendapatkan banyak teman di Instagram, lah kok bisa?

Jadi yang awalnya isi foto-foto gue di Instagram adalah kegiatan sehari-hari, dari main futsal, ngumpul-ngumpul sama teman, dan kegiatan-kegiatan kampus lainnya, sampe selfie-selfie gak jelas, berubah drastis dengan postingan yang isinya jalan-jalan, udah gitu jalan-jalan jauh banget, ke Eropa coy! Foto-foto instagram berubah 1000% menjadi lebih fancy hahahaha, lebih asik buat pamer dan bikin iri teman-teman, dan karena itu juga makin rajin foto buat bikin iri. Kalo dulu instagram gue followers-nya masih 500an doang, jadi yaa gak ngerasa sombong kalo pamernya cuma keteman-teman dekat yang biasa bercanda hehehe.

Sampe akhirnya, beberapa minggu terakhir sebelum balik ke Indonesia, gue sempat mendaki tipis-tipis kesalah satu puncak Alpen di Swiss, namanya Mt. Titlis. Foto-foto di Alpen ini lah yang bikin Instagram gue jadi rame. Apalagi setelah gue posting foto ini;

IMG_2338

Foto ini yang bikin followers gue nambah hampir 10x lipat. 2014 itu main instagram masih asik, masih banyak orang penasaran buat jalan-jalan, masih banyak yang cari referensi lokasi sampe foto, tapi sekarang, semua informasi sangat mudah didapet, era digital memang luar biasa. Oh btw foto ini banyak di repost sama akun-akun repost tentang jalan-jalan, dan keindahan alam, itu yang bikin gue banyak followers, btw.

Eh tapi, sebelum gue ke Alpen, gue juga pernah naik-naik ke puncak gunung di Indonesia, misalnya puncak gunung terdekat dari rumah, Puncak Gunung Gede. Gue kesana sudah hampir 8 kali, dan baru yang ke 8 kali itu sampe keatas puncaknya diawal tahun 2014.

IMG_1923.JPGMasih kurus banget yaa gue 2014 awal hahaha, masih muda nih 20 tahun hahaha. Dan semenjak puncak Gede ini, gue ketagihan buat naik gunung, sampai akhirnya 2 bulan berselang, gue memutuskan untuk mendaki lagi. Kali ini agak gila, langsung naik Semeru yang merupakan puncak tertinggi di Pulau Jawa, dan gunung tertinggi ke-4 di Indonesia.

IMG_2414.JPGPada saat itu, gak pernah sama sekali mikir buat bentar-bentar foto, dan harus dapat foto bagus. Pengennya tuh cuma nikmatin momen, kadang gue bisa bengong sampe 15 menit sendiri buat nikmatin suasana, ngomong sendiri, senyum-senyum sendiri, sampe teriak-teriak. Iyaa itu dulu, kalo sekarang, apa-apa harus foto, harus bagus, sampe bingung untuk nikmatin momen hahahaha, namanya juga hidup yaaa 🙂

Oh ini pas banget di puncak Mahameru, foto sama Jogring Saloko yang lagi batuk, ciri khas dari Gunung Semeru. Alhamdulillah bisa ngerasain momen ini.

Gak lama dari Semeru, gue main ke Gunung Papandayan di Garut, 3 Minggu sebelum gue terbang ke Switzerland, semacam perpisahan sebentar sama cantiknya bumi pertiwi.

IMG_3863.JPGPapandayan waktu itu masih belum dikelola swasta, masih begitu apa adanya, tanpa pembangunan yang luar biasa kaya sekarang. (click disini kalo mau liat wajah baru gunung Papandayan)

Dan Agustus gue terbang ke Switzerland, Sejenak meninggalkan Negeri tercinta untuk belajar di sebrang benua. Oh iya, mungkin ada yang belum tau gue ngapain ke Swiss, jadi gue ke Swiss itu untuk melaksanakan program internship di Kedutaan Besar Republik Indonesia Untuk Switzerland dan Liechtenstein. Ngerasain jadi Diplomat dan mengabdi untuk Negeri, maklum lah, kan gue kuliah jurusan Hubungan Internasional, jadi yaa gue harus ngerasain kerja jadi Diplomat hehehe.

IMG_0074.JPGBerfoto disalah satu Icon ibu kota Bern Switzerland, namanya Zytgloggeturm. Begini lah cara gue bikin iri teman-teman di Instagram, pada waktu followers masih 500an, jalan-jalan diuar negeri tapi bukan sebagai traveler, melainkan sebagai eksekutif muda hahahaha Ngerasa iri gak sih? kalo nggak yaa berarti gue gagal hahahaha.

IMG_0132

IMG_0133.JPGKalo foto yang ini sih gue yakin banget pasti bikin iri Followers gue pada saat itu yang isinya teman-teman kampus semua, anak HI. Iyalah, kapan lagi foto di  gedung alias markas PBB di Geneve? Pengalaman mahal ini! dikala teman-teman gue cuma bisa berperan sebagai delegasi negara anggota PBB di simulasi MUN atau SDC di kampus (semacam sidang PBB yang coba di simulasikan anak-anak HI, biar tau gimana cara diplomat bernegosiasi dalam forum internasional)

Oke kita selesaikan perjalanan Switzerland. Balik dari Swiss, gue semakin gencar jalan-jalan. 3 minggu setelah balik dari Swiss, gue langsung daki Gunung Merapi, pas tahun baru dari Puncak tertinggi di Provinsi Yogyakarta.

IMG_1520.JPG

Kali pertama Gue ngerasain Tahun Baru dari atas gunung. Ngeliat kembang api biasanya meluncur tinggi ke atas, sekarang gue malah ngeliat kembang api kecil banget dibawah sana, dan keren banget sih wara-warni dan terang banget!

Sampai akhirnya gue ketagihan, Tahun baru berikutnya gue rayain di Gunung Merbabu, sebrangnya Merapi

IMG_1525.JPGHahaha alay banget ni orang, tapi gak apa-apa lah buat lucu-lucuan, buat nunjukin ke anak nanti hahahaha

Turun Merbabu gue gak langsung balik Jakarta, eh gue malah mampir dulu ke Wonosobo buat buktiin cantiknya Gunung Prau, dan bener aja, gunung ini jadi salah satu gunung paling cantik yang pernah gue daki.

IMG_2257.JPGMulai belajar cari foto bagus dan ngedit-ngedit, demi feeds instagram yang lebih enak diliat hahaha

Dan makin kaya ketagihan sama naik gunung, dan makin sering jalan-jalan;

FIMQ0612Ini adalah Gunung Sumbing, Salah satu gunung dengan track paling berat yang pernah gue daki. Gak maulah balik lagi kesini hahahaha

foto baru segera disortir 291.JPGTerus ini dari sebrangnya Sumbing, Gunung Sindoro. terus itu dibelakangnya ada yang ngintip, Merbabu dan Merapi hehehe

Ada juga Cerita dari Gunung Ijen;

foto iphone terbaru 024.JPGGunung ini asik sih, udah jalurnya santai banget, tapi pemandangan kawahnya luar biasa. Eh kalian tau gak, disini itu ada fenomena blue fire yang cuma ada dua didunia. salah satunya di negeri kita. Keren kan Indonesia!!

Dan ini lagi, juga sebuah pemandangan gak ada duanya dari Kawasan pegunungan Bromo Tengger Semeru;

malang 2016 046.JPGGue Ngerasa ini sengaja disusun sama tuhan biar seindah ini. serius men. ini indah banget kaya lukisan!!! Mo nangis! hahahaha.

Dan dari foto-foto yang instagramable ini lah akhirnya followers terus bertambah. Banyak teman-teman yang nanya, “Itu fotonya pake kamera apa bang?” “Itu editnya gimana bang?” “Itu spot fotonya dari sebelah mana bang” dan pertanyaan-pertanyaan lainnya.

Tapi ternyata, perjalanan gue bukan hanya tentang gunung-gunung, jadi lebih jauhhhhh,  lebih luassssss, dan gue makin sadar kalo segala segi negeri ini indah banget! Gunungnya, Hutannya, Tebingnya, Pantainya, Lautnya, Kearifan lokalnya, Semua deh pokoknya!

Dan gue mulai mikir, kenapa gue dateng ketempat yang udah sering orang datengin yaa? kenapa gue gak kasih referensi tempat wisata baru? Ini negara kan luas banget yaa? dan pasti banyak tempat-tempat keren yang exposure nya belum banyak. Oke, sekarang kita lihat negeri ini lebih luas lagi!

Sampai akhirnya gue sering banget kaya pergi sendirian untuk cari potensi pariwisata baru, yang paling deket gue lakuin adalah menyusuri DAS atau daerah aliran sungai disekitar Bogor, gak begitu jauh dari rumah. Sampai akhirnya gue dapat tempat-tempat yang ternyata asik juga buat liburan tipis-tipis.

ipon 022.jpg Ketika, menyusuri sungai kaya gini jadi kegiatan yang seru banget! Selalu penasaran, nanti didepan bakal ketemu apa lagi ya kira-kira.

iphone 2017 870.JPG Ditengah perjalan yang panjang dan melelahkan, santai kaya gini tuh uda paling enak sedunia, hotel bintang berapa juga gak ada apa-apanya lah. Apalagi suasananya kaya gini. MAHAL!

malang 2016 006.JPGDitengah-tengah menyusuri sungai di Bogor, iya ini masih satu jalur sungai yang sama. asik banget gak sih? banyak kejutan banget!

GOPR3485_1464351733330_high-01.jpegSampai akhirnya, bisa nemu kejutan kaya gini. Dulu pertama kali sampai ditempat ini gak sempat banyak foto karena sudah hampir gelap setelah menyusuri sungai yang panjang seharian. Foto diatas adalah setelah 3 kali ketempat yang sekarang sudah jadi tempat wisata, Curug Ciburial.

Dari Curug-curug di Bogor pulalah gue dapat banyak pertanyaan-pertanyaan. Dan ketagihan meng-eksplor suatu daerah terus berlanjut.

Processed with VSCO with h1 presetIni waktu main ke Pulau Nusa Penida sebelum seramai sekarang. Waktu pertama kali sampai sini, gue sempat bengong dulu 15 detik, sambil dalam hati berteriak, WOW!! Dan ini foto di Karang Dawa, sebelum di pagari bambu-bambu untuk membantu wisatawan turun kebawah. Semoga Karang Dawa selalu baik-baik saja hehe

DSCF4830.JPGMain Sama Gajah di Way kambas, Lampung.

iphone ode 049.JPGFoto sama Komodo di Pulau Komodo, NTT.

iphone ode 012.jpegKalo ini air terjun favorit gue di Lombok, namanya Tiu Kelep! Cantik yaaaa.

iphone ode 023.JPGIni juga salah satu favorit gue, Curug Cikaso di Sukabumi.

iphone oktober 2017 008.JPGPasti tau dong ini dimana? Ini Pulau tercantik yang pernah gue liat langsung, namanya Pulau Padar.

iphone oktober 2017 109.JPGMelihat infrastruktur ajaib karya anak bangsa, kelok 9, Payakumbuh.

ucapan dari teman-teman instagram 002.JPGYang ini gue gak tau deh, kata apa untuk melukiskan tempat ini, Gigi Hiu, Lampung.

foto baru iphone agustus2017 145.JPGMenjadi saksi kalau Lumba-Lumba air tawar itu memang ada, namanya Pesut, di Sungai Mahakam, Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur.

 

Schode Ilham Written by:

dengan membaca semua tulisan ini, kalian telah menelanjangiku bulat-bulat.

5 Comments

  1. Yuyun
    February 2, 2017
    Reply

    Akhirnya terangkum juga ceriita perjalanannya, tp ak lebih suka baca caption yg di Ig De, lebih dramatis..
    Thanks sudah menginspirasi, mesipun blom tau kapan bisa nyusurin indonesia ky gt..

  2. Dinar
    March 13, 2017
    Reply

    mantap sekaliiiii

  3. October 16, 2017
    Reply

    Viagra Brand Vs Generic Prix Cialis Vidal Comprar Viagra Sin Receta Propecia cheap cialis Generic Worldwide Progesterone Without Perscription Medicine Amoxicillin Dosage 32 Bs

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *